Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Dengan 5 Aktivitas Yang Menyenangkan

Posted by

     Berikut ini cara cepat belajar bahasa Inggris dengan 5 aktivitas yang menyenangkan khususnya untuk meningkatkan ketrampilan menulis, membaca, dan mendengarkan bahasa Inggris Anda. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan bicara atau “speaking” Anda dianjurkan juga membaca artikel sebelumnya yaitu  5 cara belajar bahasa Inggris.

1. Mendengarkan radio Inggris atau podcast
     Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan atau “listening” bahasa Inggris Anda adalah dengan men-download podcast berbahasa Inggris atau aplikasi radio di ponsel atau MP3 player.

Podcast Untuk Belajar Pendengaran atau Listening Bahasa Inggris
Podcast Untuk Belajar
Listening Bahasa Inggris
Kemudian Anda harus mendengarkan podcast atau acara radio selama minimal 30 menit per hari. Melakukannya di gym, di perjalanan menuju tempat kerja Anda, atau saat Anda sedang duduk di depan komputer Anda.
Berusahalah untuk memahami apa yang dikatakan, jangan biarkan saja kata-kata bahasa Inggris lewat begitu saja dari Anda. Bahkan jika Anda rasa terlalu cepat, cobalah untuk memilih atau memahami kata-kata kunci dan frase untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa pembicaraan tersebut.
Jika Anda bisa, buatlah catatan dari setiap kata atau frasa yang Anda tidak mengerti dan mencari terjemahan sesudahnya. Kemudian mendengarkan podcast atau putar lagi mendengar kata-kata baru atau frase dalam konteks.

2. Menonton film bahasa Inggris dan acara TV
     Cara lain yang menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan Anda adalah menonton film bahasa Inggris dan acara TV.
Cobalah untuk memilih film atau TV yang Anda sukai, ini akan membuat latihan terasa seperti pekerjaan ringan sehari-hari Anda. Jika memungkinkan, pilih film atau acara yang Anda sudah familiar atau Anda kenal baik, seperti kartun anak-anak atau film-film blockbuster. Jika Anda sudah tahu alur cerita dasarnya Anda akan mendengarkan bahasanya jauh lebih mudah untuk difahami.
Namun, Anda harus menghindari menonton film atau acara televisi dengan teks dalam bahasa asli Anda, film-film tersebut hanya akan mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda kurang cenderung untuk fokus pada pemahaman bahasa Inggris, yang merupakan inti dari latihan.

3. Membaca buku berbahasa Inggris, koran atau majalah
      Membaca atau “reading” adalah bagian penting dari belajar bahasa baru, jadi jangan lupa untuk berlatih!
Menemukan sesuatu yang Anda benar-benar tertarik apakah itu novel bahasa Inggris yang terkenal, koran The New York Times atau majalah fashion dan mulai belajar melalui cara tersebut. Jika Anda merasa isinya membosankan, Anda akan cenderung kurang bertahan dengan itu.
Sekali lagi, upayakan aktif untuk benar-benar memahami apa yang Anda baca, jangan hanya melewati begitu saja. Menyorot kata-kata atau frase yang Anda tidak mengerti dengan stabilo, kemudian melihat arti kata-kata tersebut di kamus.
Jika Anda sendirian, Anda juga bisa mencoba membaca dengan suara keras, ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan pemahaman membaca Anda sambil melatih pengucapan atau “pronunciation” Anda.

4. Menulis buku harian dalam bahasa Inggris
     Selain membaca dan mendengarkan pemahaman, Anda juga harus meluangkan waktu  pada bahasa Inggris tertulis atau “writing” Anda.
Ini mungkin salah satu aspek yang paling sulit dari belajar bahasa Anda, tetapi tetap lakukan dan hal ini penting. Menulis dalam bahasa Inggris akan membantu Anda untuk bekerja pada struktur kalimat Anda, tata bahasa dan ejaan.
Cobalah terus menulis buku harian dengan bahasa Inggris di mana Anda menuliskan beberapa kalimat setiap hari. Tidak harus sangat pribadi, Anda bisa menulis tentang cuaca, apa yang Anda makan untuk makan malam atau apa rencana Anda untuk hari ini.
Jika Anda merasa nyaman dengan itu, menemui native speaker untuk melihat lebih apa yang telah ditulis dan memeriksa untuk kesalahan. Ini akan membantu Anda untuk menghindari membuat kesalahan yang sama berulang-ulang.

5. Cari sahabat pena berbahasa Inggris
     Setelah kemampuan bahasa tertulis Anda telah membaik, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari sahabat pena berbahasa Inggris.
Memiliki sahabat pena berbahasa Inggris menggabungkan latihan menulis bahasa Inggris Anda dengan kegembiraan menerima surat atau email!
sahabat pena Anda mungkin seseorang yang belajar bahasa Inggris seperti Anda, atau mereka mungkin menjadi pembicara asli bahasa Inggris yang ingin berlatih keterampilan bahasa asing mereka dengan menulis kepada Anda dalam bahasa ibu Anda.
Memiliki sahabat pena dari negara berbahasa Inggris (seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Irlandia, Australia, Selandia Baru atau Afrika Selatan, misalnya) juga akan memungkinkan Anda untuk belajar lebih banyak tentang budaya dan seperti apa kehidupan di negara-negara lain.

     Itulah 5 cara cepat belajar bahasa Inggris, diharapkan pembelajar bahasa Inggris konsisten dan senang melakukan latihan dengan aktivitas di atas hingga berhasil. Selamat belajar dan semoga sukses!


Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Selasa, Desember 20, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.