Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Efektif

Posted by

     Berikut ini 5 cara belajar bahasa Inggris secara efektif  meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris Anda.

1. Berbicara bahasa Inggris sedikit demi sedikit setiap hari

Cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris adalah mengucapkannya. Tidak masalah jika Anda hanya tahu lima kata bahasa Inggris atau jika Anda sudah cukup fasih, maka berbahasa Inggris dengan orang lain adalah metode yang paling efektif dan tercepat.
Jangan menunggu sampai Anda "merasa lebih nyaman" berbicara dalam bahasa Inggris. Anda mungkin memerlukan waktu yang lama untuk menguasai bahasa Inggris level yang tinggi, maka dorong diri sendiri keluar dari zona kenyamanan Anda dan mulai berbicara dalam bahasa Inggris saat ini. Anda akan kagum akan kemampuan bahasa Anda meningkat dengan cepat.

     Cari pembicara asli bahasa Inggris yang bersedia untuk ngobrol bersama beberapa waktu berbicara bahasa Inggris dengan Anda. Anda bisa menawarkan mereka pertukaran bahasa, di mana mereka  berbicara 30 menit bahasa Inggris dengan Anda dan Anda berbicara 30 menit bahasa asli Anda dengan mereka.

     Jika Anda tinggal di negara berbahasa Inggris, Anda bisa berlatih dengan memulai percakapan sederhana dengan orang yang Anda temui, apakah itu mengatakan "halo" ke penjaga toko atau meminta orang asing untuk menunjukkan arah.

2. Memperhatikan pengucapan atau pelafalan Anda

     Walaupun Anda memiliki pemahaman yang diterima dalam bahasa Inggris, dengan tata bahasa yang baik dan kosa kata yang luas, penutur asli bahasa Inggris mungkin akan sangat sulit untuk memahami jika Anda tidak menggunakan pengucapan yang benar.

     Pengucapan yang jelas sangat penting jika Anda benar-benar ingin meningkatkan level  bahasa Inggris Anda. Dengarkan dengan baik bagaimana penutur asli bahasa Inggris mengucapkan kata-kata dan suara-suara tertentu dan tirulah ucapannya dengan benar.

     Perhatikan secara khusus pada setiap ucapan yang Anda tidak terbiasa atau yang tidak ada dalam bahasa ibu Anda. Misalnya beberapa orang mengalami kesulitan melafalkan suara "r" , karena tidak ada dalam bahasa asli mereka, sementara orang lain mengalami kesulitan dengan gugus konsonan tertentu, seperti suara"th".

     Perlu diketahui bahwa pengucapan kata-kata bahasa Inggris tertentu sangat bervariasi tergantung pada negara mana kata-kata itu diucapkan. Misalnya, bahasa Inggris Amerika sangat berbeda dari British English. Jika Anda berniat melakukan perjalanan atau tinggal di negara berbahasa Inggris, hal tersebut adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan ketika belajar bagaimana mengucapkan kata-kata tertentu.

3. Perluas kosa kata Anda dan gunakan frase idiomatik

     Semakin luas kosa kata dan frase bahasa Inggris yang Anda pelajari, maka semakin mudah Anda berbicara bahasa Inggris.
Sekali lagi, menggunakan waktu dengan penutur asli bahasa Inggris akan membantu Anda untuk menangkap kosa kata umum dan frase dengan cara alami. Meskipun demikian, membaca, menonton TV berbahasa Inggris dan mendengarkan berita juga bermanfaat.

     Begitu Anda telah belajar kata baru atau frase, Anda harus  berusaha menggunakannya dalam kalimat. Ini adalah cara terbaik untuk melakukan itu ke dalam ingatan Anda.
Cara lain yang mudah untuk menghafalkan kata-kata baru ke dalam ingatan adalah membuat label untuk produk rumah tangga sehari-hari dan tempelkan label tersebut di sekitar rumah. Maka setiap kali Anda menggunakan ketel atau melihat di cermin, Anda akan melihat kembali dan teringat kembali kata-kata bahasa Inggris untuk istilah benda-benda tersebut.

 

Siswa WTC Belajar Bahasa Inggris
Siswa WTC Belajar Bahasa Inggris Bersama
 Anda juga harus mulai menulis ke dalam buku catatan frase idiomatik bahasa Inggris yang sering digunakan. Beberapa contoh termasuk "it's raining cats and dogs" (hujan deras), to be on "cloud nine" (sangat senang) atau saying something is a "piece of cake"  (ketika sesuatu sangat mudah). Menambahkan jenis-jenis frase semacam di atas ke dalam percakapan Anda akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda beberapa level/tingkat.



4. Menghadiri kelas (kursus bahasa Inggris) atau kelompok diskusi bahasa Inggris

     Cara lain untuk mengikuti latihan percakapan bahasa Inggris dalam rutinitas mingguan Anda adalah dengan mendaftar kelas kelompok diskusi.
Menghadiri kelas kursus bahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk fokus pada beberapa aspek yang lebih formal berbahasa Inggris. Sebuah kelas akan mengajarkan Anda tata bahasa yang benar dalam berbicara, yang meliputi struktur kalimat yang tepat dan konjugasi kata kerja dan umumnya akan memberikan pendekatan yang sangat terstruktur untuk belajar bahasa.
Menghadiri kelompok diskusi adalah cara yang lebih informal dan santai belajar bahasa Inggris, di mana penekanannya lebih pada komunikasi dan hubungan dari pada berbicara dengan "benar" bahasa Inggris. Berbahasa Inggris dengan pola diskusi ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih nyaman  berbicara di depan orang lain (tanpa rasa takut dikoreksi).

     Kedua pola pembelajaran bahasa ini (metode kelas kursus dan diskusi) memiliki pro dan kontra, jadi yang terbaik adalah menghadiri atau mengikuti keduanya jika Anda bisa!

5. Membawa kamus

     Membawa kamus bahasa Inggris setiap saat (entah itu dalam bentuk buku yang sebenarnya atau aplikasi ponsel) bisa sangat berguna.
Memiliki kamus berarti bahwa Anda tidak akan pernah terjebak untuk sebuah kata. Hal ini dapat menghindari banyak rasa “malu” jika Anda melakukan percakapan dengan pembicara bahasa Inggris-dan melupakan kata di tengah kalimat, yang harus Anda lakukan adalah membuka kamus untuk mencari artinya!
Selain untuk menghindari kecanggungan, mencari kata yang Anda butuhkan kemudian segera menggunakannya dalam sebuah kalimat benar-benar akan membantu Anda untuk menghafal atau menyimpan kosakata baru ke dalam memori Anda.
Hal ini juga cukup membantu  dengan membawa kamus untuk membaca dengan teliti sepanjang hari pada saat aktivitas pribadi Anda, seperti ketika Anda sedang duduk di kereta, menunggu untuk menyeberang jalan atau hanya menikmati secangkir kopi. Anda bisa belajar tambahan 20 sampai 30 kata-kata bahasa Inggris per hari menggunakan teknik ini!
Sebagai pemula, Anda harus mulai dengan kamus bahasa Inggris yang memberikan definisi yang mendalam dalam bahasa asli Anda. Namun, setelah kemampuan bahasa Anda meningkat, Anda harus beralih menggunakan kamus Inggris ke Inggris, yang menyediakan definisi bahasa Inggris untuk kata-kata bahasa Inggris.



Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Rabu, Desember 14, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.