Tips Memilih Tempat Tinggal di Kampung Inggris

Posted by

     Setelah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum ke kampung Inggris Pare, langkah selanjutnya adalah mencari dan menentukan tempat tinggal atau kost(asrama) yang sesuai. Tempat tinggal di Kampung Inggris dibagi menjadi dua jenis. Pertama, asrama bahasa. Kedua, asrama biasa. Dibawah ini merupakan perbedaan antara asrama bahasa dengan asrama biasa:

NO
PERBEDAAN
KETERANGAN
ASRAMA BAHASA
ASRAMA BIASA
1
Mengharuskan Anda untuk aktif bebicara menggunakan bahasa yang Anda ambil selama 24 jam
Bebas, tidak ada penekanan menggunakan bahasa yang Anda ambil
Jika melanggar ketentuan di asrama bahasa akan dikenakan sanksi atau hukuman
2
Selain program di lembaga kursus, terdapat program tambahan pada masing-masing asrama setiap pagi atau malam hari
Tidak terdapat program tambahan, hanya program di lembaga kursus saja
Program asrama bahasa paling pagi biasanya dimulai pukul 05:00 WIB
3
Memiliki pembimbing materi di asrama
Tidak memiliki pembimbing materi di asrama
Hampir setiap asrama bahasa di Kampung Inggris memiliki pembimbing materi asrama, namun tidak semuanya, tergantung dari pihak asrama. Ada juga asrama bahasa yang tidak memiliki pembimbing materi namun mengharuskan Anda berbicara menggunakan bahasa yang Anda ambil
4
Biaya perbulan lebih tinggi
Biaya perbulan relatif
Biaya asrama bahasa sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya asrama biasa, hal ini sesuai dengan program tambahan pada tiap-tiap asrama bahasa

1. MINTA REKOMENDASI

Rekomendasi merupakan faktor paling penting untuk bahan pertimbangan Anda dalam menentukan pilihan yang begitu banyak. Tanpa adanya rekomendasi, Anda tidak akan mengetahui pengalaman yang telah dialami oleh seseorang.
Di Kampung Inggris, ada banyak sekali asrama yang bisa Anda pilih. Mulai dari yang biasa sampai yang bagus sekalipun menyebar disini.
Saya menyarankan, mintalah rekomendasi pada teman yang sekiranya bisa Anda percaya dan pernah atau sedang tinggal di Kampung Inggris. Tanyakan mengenai alasan mengapa tempat tersebut layak untuk direkomendasikan. Serta jangan lupa untuk menanyakan juga plus minusnya tempat yang akan Anda tempati.

  1. SESUAIKAN DENGAN KEUANGAN
Setelah teman Anda memberikan rekomendasia mengenai tempat tinggal di Kampung Inggris, biaya layak untuk Anda pertimbangkan. Jika cocok, jangan buru-buru mengatakan “ya”. Jika Anda tidak cocok dengan biaya yang tidak sesuai dengan pemasukan Anda, carilah referensi lain dengan meminta rekomendasi pada orang berikutnya.

  1. SURVEI TEMPAT
Melihat secara langsung asrama-asrama yang akan Anda tempati akan menciptakan perasaan memuaskan untuk diri Anda sendiri. Anda jadi mengetahui langsung terkait dengan kebersihan, kerapihan dan kedislipinan pada tiap-tiap asrama yang Anda kunjungi.
Ohya, jangan sungkan untuk meminta nomor telepon yang bisa dihubungi pada pemilik asrama. Suatu saat nanti ini akan berguna untuk pemesanan kamar. Sebab biasanya asrama yang sangat diminati sering kehabisan kamar. Anda bisa memesan terlebih dahulu beberapa hari sebelum program kursus dimulai.

  1. BANDINGKAN HARGA
Setiap asrama memiliki harganya masing-masing. Perlu Anda ketahui, harga yang murah dengan fasilitas yang lengkap sangat langka sekali, Anda harus mengunjungi asrama sebanyak mungkin untuk membandingkan fasilitas dengan harganya.

5. PERTIMBANGKAN FASILITAS
Saya ambil fakta dari asrama yang saya tempati. Hanya dengan Rp. 200.000, fasilitas yang bisa saya nikmati antara lain: kamar yang diisi maksimal dengan dua orang,
Kamar Kost Minimalis
ilustrasi kamar kost minimalis
springbed, sprei, bantal, almari, meja, rak buku, toilet yang bersih, terdapat tempat mencuci sekaligus tempat menjemur pakaian, dapur milik bersama lengkap dengan peralatan yang sudah disediakan, televisi bersama, ruang santai, setrika, dan lain-lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu semuanya disini. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk mempertimbangkan fasilitas dengan asrama pilihan Anda agar kelak saat Anda tempati tidak ada penyesalan dalam diri Anda.



6. TENTUKAN
     Saat pilihan Anda telah mantap, Anda baru dianjurkan untuk menentukan dimana Anda akan tinggal. Anda bisa langsung menemui pemilik asrama yang bersangkutan untuk mengurusi biaya administrasi kemudian memindahkan barang-barang bawaan Anda.

                                                                                                        Ditulis oleh:
                                                                                                           Rizka Oktanaka


Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Minggu, Oktober 23, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan Bagi Umat Islam. Semoga Senantiasa Dirahmati Allah SWT. Aamiin.