Apa Yang Anda Dapatkan di Kampung Inggris

Posted by

     Memutuskan untuk pergi dalam jangka panjang ke tempat baru bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Apalagi jarak yang jauh akan memisahkan Anda dengan keluarga dan teman-teman yang selalu ada. Tetapi, jangan sedih. Berikut ini adalah hal-hal yang Anda dapatkan jika Anda merantau:
  1. Mandiri
Pelan-pelan Anda akan belajar untuk tidak bergantung pada orang lain dalam menjalani kehidupan. Selain itu, sadar atau tidaknya setiap hari Anda juga dituntut untuk tidak manja dan bersikap kekanak-kanakkan. Apapun yang Anda lakukan semuanya serba sendiri.

  1. Lebih dewasa
Saat Anda dihadapkan pada masalah di tanah rantauan, Anda akan terbiasa memecahkan masalah Anda sendiri dan hanya mengandalkan diri Anda sepenuhnya. Ini menjadi nilai plus yang Anda dapatkan untuk masa yang akan mendatang.

  1. Menjadi orang yang bertanggung jawab
Kepercayaan yang diberikan orangtua pada Anda bukanlah hal mudah yang bisa Anda abaikan begitu saja. Ada tanggung jawab yang begitu besar didalamnya yang harus Anda jaga sepenuhnya. Dengan membiasakan diri menjaga, secara otomatis Anda telah menjadi orang yang bertanggung jawab.

  1. Berani mengambil resiko
Ketika orang lain mengambil keputusan dengan penuh keraguan dan terlalu banyak pertimbangan---ini itu, maka Anda akan menjadi pribadi yang berani mengambil keputusan sesegera mungkin tanpa keraguan dan pertimbangan yang banyak. Mengapa demikian? Karena Anda berada ditempat yang penuh dengan resiko.

  1. Pintar mengatur keuangan
Biasanya, uang yang dikirimi orangtua adalah untuk satu bulan. Cukup tidak cukup harus cukup untuk satu bulan. Disini Anda akan berlatih setiap saat menahan segala sesuatu yang tidak perlu untuk tidak dibeli agar uang yang Anda miliki terpakai sesuai dengan list satu bulan.

  1. Memanfaatkan waktu semaksimal mungkin
Di Kampung Inggris, Anda akan dibiasakan untuk memanfaatkan waktu untuk belajar, belajar dan belajar agar waktu yang ada digunakan semaksimal mungkin. Dengan dibiasakan begini, Anda jadi bisa me-manage waktu yang Anda miliki.




7. BISA BERTAHAN HIDUP versi diri sendiri


Belajar Bersama Melalui Film di WTC Kampung Inggris
(Nonton bersama film motivasi Jepang: Oshin Tanokuro)
Lagi-lagi keperluan tak terduga menghampiri disaat kantung sedang menipis. Uang yang seharusnya digunakan untuk membeli sesuatu kini telah terpakai untuk keperluan yang tak terduga. Mau minta transferan, tidak enak dengan orangtua. Nunggu transferan, masih lama. Akhirnya mau tidak mau, suka tidak suka, jatah makan tiga kali sehari kadangkala dipangkas menjadi dua kali sehari demi menutupi keperluan yang tak terduga. Bahkan ada juga yang memilih untuk kerja paruh waktu ditoko disela-sela kekosongan jam kursus. Semuanya dilakukan untuk bertahan hidup semata tanpa merepotkan orang lain.

  1. Mudah beradaptasi
Perbedaan yang tidak sedikit awalnya mungkin membuat Anda merasa aneh. Namun seiring berjalannya waktu, ketika Anda telah mampu untuk menyatukan perbedaan, saat itulah Anda akan memahami dengan sendirinya bahwa mudahnya beradaptasi.

  1. Menyukai tantangan
Jika dahulu Anda adalah tipikal orang yang takut dengan tantangan, saat Anda merantau ketempat yang jauh dalam jangka waktu yang lama, Anda akan menjadi penyuka tantangan sebab tanah rantau yang Anda singgahi selalu menantang untuk Anda taklukkan.

    10. Gampang mengikhlaskan sesuatu
Kadangkala, sesuatu yang seharusnya berjalan dengan lancar malah tidak terwujud. Atau suatu yang tidak ingin terwujud malah lancar. Ya, inilah tanah rantauan yang akan sering meminta Anda untuk berlapang dada mengikhlaskan segalanya.

Ditulis oleh: Rizka Oktanaka


Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Senin, Oktober 17, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan Bagi Umat Islam. Semoga Senantiasa Dirahmati Allah SWT. Aamiin.