Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Sebelum ke Kampung Inggris Pare

Posted by

     Saat Anda telah memutuskan bahasa apa yang ingin Anda pelajari, di lembaga apa Anda akan belajar, dimana Anda akan tinggal dan lain-lain, Anda perlu memahami apa saja yang harus Anda persiapkan secara urut sebelum Anda ke Kampung Inggris agar semua yang Anda ekspektasikan sesuai realita.

1. BIAYA

Untuk dapat bertahan hidup, biaya adalah hal paling utama yang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum Anda menentukan kapan Anda akan berangkat ke Kampung Inggris. Nabung sebanyak-banyaknya merupakan cara terbaik. Apalagi untuk Anda yang belum mempunyai penghasilan sendiri, Anda bisa melakukan hal paling keren dengan tabungan Anda yaitu ke Kampung Inggris menggunakan biaya sendiri. Wah! 

                                   
2.  ADA IZIN ORANGTUA


Dari Abdullah bin ’Amru radhiallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” (Hasan. at-Tirmidzi : 1899,  HR. al-Hakim : 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar : 2394).
Ini penting sekali teman-teman. Ketika Anda akan pergi (kemanapun) Anda harus meminta izin pada orangtua sebab Allah hanya meridhai langkah kita apabila orangtua kita mengizinkan. Nah, untuk Anda yang belum dapat izin semisal karena orangtua Anda belum tega meninggalkan Anda pergi ke tempat yang jauh dengan alasan usia Anda masih tergolong dini, saya menyarankan untuk obrolkan sekali lagi pada orangtua Anda secara baik-baik. Anda juga bisa menjelaskan seputar Kampung Inggris terlebih dahulu, lalu tujuan Anda belajar, berapa lama Anda akan belajar dan yang terakhir yakinkan pada orangtua Anda. Intinya, jangan nekat. 


3. RENCANAKAN KEBERANGKATAN


Jadwal Berangkat

Apabila kedua hal diatas terpenuhi, pilih waktu yang paling tepat untuk keberangkatan. Periode baru dimulai tanggal 10 dan tanggal 25 setiap bulannya. H-1 setiap periode baru, Anda diwajibkan sudah sampai di Kampung Inggris untuk check-in asrama. Sebagai contoh agar tidak bingung, misalnya Anda ingin mengikuti periode 25 November, berangkatlah pada tanggal 23 November agar Anda bisa beristirahat langsung di asrama dan bisa mempersiapkan semuanya sebelum kelas dimulai tanggal 25 November. Kalau perlu, lingkari kalender Anda atau tulislah yang agak besar pada selembar kertas agar Anda tidak lupa.

4. PILIH TRANSPORTASI

Untuk Anda yang tinggal dipulau Jawa, ada tiga pilihan transportasi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berangkat. Pertama: pesawat. Kedua: kereta api. Ketiga: bus. Diluar puau jawa Anda harus menggunakan pesawat.

Saya sendiri lebih menyukai---perjalanan yang masih satu pulau, menggunakan jasa kereta api. Entah mengapa, rasanya seperti ada kebahagian tersendiri yang saya rasakan. Apalagi ketika melihat pemandangan indah dari kaca jendela kereta. Menyenangkan sekali. Selain itu, saya menyukai kereta api karena transportasi ini hemat biaya, tidak memakan waktu terlalu lama dan tentunya anti macet. Hanya dengan Rp. 84.000 menggunakan KA. Brantas tujuan Pasar Senen-Kediri, saya sudah bisa menikmati fasilitas yang disediakan. Jangan khawatir, kini semua fasilitas yang disediakan benar-benar memuaskan sebab PT. KAI Indonesia seiring berjalannya waktu selalu meningkatkan kualitas layanannya.
Di atas ini adalah gambar untuk Anda yang ingin mengetahui info jadwal kereta api. Isilah tanggal, stasiun asal, stasiun tujuan dan berapa orang yang akan pergi. Pilih “Tampilkan” dan tunggu beberapa detik maka nanti akan muncul jadwal kereta api pada website resmi PT. Kereta Api Indonesia.


5. PERSIAPAN FISIK

Persiapan fisik menjadi faktor yang penting juga. Tanpa fisik yang prima, kemungkinan besar aktivitas Anda akan terhambat. Apalagi jarak yang jauh dan barang yang Anda bawa mengharuskan Anda untuk selalu fit. Disarankan agar melakukan olahraga fisik kecil-kecilan beberapa hari sebelum keberangkatan. Tujuannya agar Anda tidak kaget lagi.


6. Kemasi barang-barang


Barang-barang yang wajib Anda garis bawahi disini yaitu barang-barang penting---yang telah Anda sesuaikan dengan berapa lama Anda akan pergi. Bukannya tidak boleh membawa barang-barang yang tidak penting, boleh dan sah-sah saja, tidak ada yang melarang, hanya saja saya peduli pada kenyamanan Anda. Sebab, setiap kali saya berpergian, saya sering sekali bertemu dengan orang-orang yang kelebihan barang. Padahal yang pergi satu orang, tetapi bawaannya seperti untuk dua atau tiga orang (lihat contoh gambar: barang bawaan yang menumpuk, belum termasuk tas selempang yang biasanya digunakan untuk menaruh dompet, handphone, power bank---yang dipakai di depan, ditambah tas laptop yang ditenteng ditangan. Banyak sekali. Pemandangan semacam ini---barang yang banyak, membuat saya keheranan: apa saja yang dibawa?


Ditulis oleh:

      Rizka Oktanaka






      


Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Sabtu, Oktober 15, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.